Sabtu, 03 Juli 2010

The Real Beauty of Vodka


Apa yang muncul di benak Anda saat mendengar kata Vodka? Rusia? KGB? Screwdriver? atau malah hangover? Dari sekian banyak spirit yang ada, mungkin Vodka adalah minuman yang sering dianggap sebagai anak haram dunia malam.

Mungkin ini karena selama bertahun-tahun produsen film Hollywood yang belum tentu mengerti betul "the real beauty of Vodka" secara konsisten menggambarkannya sebagai minuman murah untuk melawan hawa dingin yang kejam di Rusia. Praktis hanya James Bond-lah yang mengangkat Vodka Martini Shaken Not Stirred ke level imaginatif yang berbeda.

Sejatinya Vodka tidak selalu berasal dari Rusia, malah hingga kini Polandia mati-matian berusaha meyakinkan dunia bahwa Vodka berasal dari sana. Karena pada tahun 1405 kata Vodka sudah tercatat sebagai komoditi yang dibuat dan dijual secara luas di Polandia.

Baru pada tahun 1751 kata Vodka tertulis resmi di Rusia dalam dekrit yang dikeluarkan oleh Ratu Catherine I yang mengatur kepemilikan pabrik Vodka di Rusia. Vodka sendiri berasal dari bahasa Rusia yaitu Voda yang berarti air. Entah kenapa, spirit di Eropa zaman pertengahan dulu selalu diidentifikasikan sebagai air seperti Aquavit di Denmark dan Eau de Vie di Perancis yang dua-duanya berarti 'air kehidupan'.

Vodka terbaik adalah yang memiliki rasa sangat pure - tanpa warna, tanpa aroma, dan tanpa rasa - terutama jika dibandingkan dengan spirit lainnya. Namun purity inilah yang dikejar oleh para connoisseur. Semakin murni dan 'bersih' rasa suatu Vodka, maka kualitasnya pun dianggap semakin baik.

Meskipun Vodka bisa dibuat dari kentang, sayuran, buah-buahan, dan biji padi-padian (Grain), Vodka kualitas prima biasanya dibuat dari grain, terutama Rye Grain. Cara destilasi (penyulingan) dan kemurnian air yang digunakan juga menjadi penentu utama kualitas Vodka (salah satu merk Vodka premium yaitu 42 Below dari Selandia Baru bahkan sengaja menggunakan spring water dari kedalaman 1000 feet dari suatu gunung berapi).

Premium Vodka biasanya mempunyai tekstur yang sangat smooth, dan rasa serta aroma yang sangat pure. Saking pure-nya, kebanyakan orang sulit untuk bisa mengapresiasinya dengan benar karena mereka terbiasa mencoba minuman lain yang rasanya lebih `nendang'. Oleh karena itu pula banyak produsen yang memberi rasa tertentu pada Vodka (flavoured Vodka) dengan cara infusi.

Ada dua keuntungan: membuat Vodka yang biasa-biasa saja menjadi lebih enak dan membuat Vodka premium terasa lebih enak lagi. Ada macam-macam rasa yang bisa ditambahkan, dari mulai cabe, jahe, lemon, vanila, hingga yang aneh-aneh seperti coklat Toblerone dan rumput!

1. Bosan dengan wine tatkala anda sedang menikmati makan malam anda?

? Pesan Vodka favorite Anda. Kami menyarankan:
> Grey Goose (Perancis),
> Belvedere (Polandia),
> 42 Below (Selandia Baru),
> Ciroc (Perancis), dan
> Smirnoff Black.

? Pasangkan dengan makanan berikut:
> Caviar
> Smoked Fish (Maccarel)
> Herring Fish

2. Kebanyakan minum Vodka? Lupa bahwa besok adalah hari Jumat, dan bukan hari Sabtu? Cobalah hal-hal berikut untuk mengurangi hangover Anda:

? Minum air putih, dua kali jumlah alkohol yang Anda konsumsi
? Konsumsi Vitamin C
? Apabila Anda bisa makan, cobalah makan pisang yang akan membantu? mengembalikan kadar garam yang diperlukan
? Gula; Alkohol menurunkan kadar gula di tubuh Anda
? Ambil obat penghilang rasa sakit, akan tetapi jauhilah aspirin karena alkohol sudah membuat usus anda lebih sensitive
? Tidur dan jangan coba menyetir sampai Anda benar-benar sadar.

http://www.arthazone.com/article_detail.php?nid=1033

Tidak ada komentar:

Posting Komentar